Tuesday 5 January 2010

STRUKTUR PLYCORD BAN


Dari keseluruhan Struktur ban diatas yang paling banyak mempengaruhi ketahan, maneuverability dan juga factor keiritan bahan bakar adalah PLYCORD. Dari ban yang beredar sekarang struktur plycord dapat dibagi sebagai berikut:

1. Radial Struktur lapisan Plycord pada Ban Radial dari Bead dalam Ke Bead luar saling tegak lurus. Disamping lapisan plycord masih ada lapisan steel belts. 2. Bias Lapisan untuk jenis ini plycord diletakkan secara diagonal secara bersilangan, tidak ada lapisan tambahan pada konstruksi Bias ini. Diantara ban Radial dan ban Bias manakah yang lebih menguntungkan pengendara? Secara umum ban radial lebih menguntungkan pengendara karena:

1. Lebih Safety, karena ban lebih menapak pada permukaan jalan (bisa dilihat pada grafik, video bisa dilihat di link berikut: http://www.bridgestone.co.in/tyre/tyreknowledge/tyrevideo.htm). Karena lebih menapak pada permukaan jalan maka jarak pengeremanpun menjadi lebih pendek dan lebih cepat melakukan maneuver.

2. Penggunaan bahan bakar yang lebih irit

3. Lebih kokoh karena adanya lapisan steel belts

No comments:

Post a Comment